Friday 28 August 2020

BEASISWA KULIAH UNTUK MAHASISWA S1/D3

Beasiswa Kuliah Tingkatkan Prestasi Akademik

Kegiatan perkuliahan tahun ajaran 2020/2021 sudah hampir dimulai. Di masa pandemi semacam ini, pastilah banyak di antara kawan-kawan mahasiswa disini yang mencoba mencari beasiswa kuliah guna membantu keuangan supaya dapat menunjang kegiatan perkuliahan. Sebetulnya ada banyak sekali beasiswa kuliah untuk mahasiswa S1/D3, baik yang berasal dari pendanaan pemerintah maupun swasta.

Beasiswa kuliah biasanya diberikan kepada mahasiswa S1/D3 karena prestasi yang dimiliki, baik prestasi akademik maupun nonakademik. Jadi, supaya kamu bisa mendapatkan beasiswa kuliah alangkah baiknya kamu mulai aktif berorganisasi, mengikuti berbagai kejuaraan, atau lebih giat lagi saat belajar. Kali ini kita akan bahas salah satu beasiswa kuliah yang berasal dari pihak swasta yaitu beasiswa Van Deventer-Maas Stichting (VDMS).

Pendaftaran Beasiswa VDMS

Van Deventer-Maas Stichting (VDMS) adalah suatu organisasi nonprofit dari Belanda yang memberikan beasiswa kepada mahasiswa di Indonesia. Loh kok bisa sih organisasi Belanda memberikan beasiswa ini? Ya, hal ini tidak lepas dari yang namanya sejarah. Sejak tahun 1980-an hingga sekarang, organisasi ini masih memberikan beasiswa kuliah untuk mahasiswa di Indonesia. 

Keuntungan Menjadi Grantee VDMS

Beasiswa VDMS memberikan banyak keuntungan bagi penerimanya, atau yang disebut dengan Grantee. Selain memberikan bantuan berupa uang tunai yang dikirimkan langsung ke rekening Grantee, VDMS juga memberikan wadah pengembangan kapasitas pribadi, intelektual, dan sosial. Kegiatan pengembangan ini meliputi workshop kepemimpinan, pertemuan regional, serta writing club. Jika kamu sebagai Grantee bisa lulus tepat waktu, kamu bisa mendapat fasilitas gratis tes TOEFL sebagai reward beasiswa VDMS ini. Tapi, di luar itu semua beasiswa VDMS ini bisa kamu jadikan sebagai kontrol nilai selama perkuliahan. Tetap menjaga nilai tetap baik adalah sebuah konsekuensi logis supaya kamu tetap menjadi Grantee. Evaluasi nilai akan dilakukan setiap semester.

Nah, bagi kamu yang saat ini sudah memasuki tahun kedua perkuliahan (semester 3) kamu bisa mencoba mendaftar beasiswa VDMS ini. Tapi sebelum itu, kamu perlu mengecek terlebih dahulu apakah universitas tempat kamu kuliah saat ini merupakan salah satu mitra VDMS. Jika kamu menemukan nama universitas yang kamu maksud, kamu bisa menyiapkan beberapa hal berikut:

  1. Kartu hasil studi yang memuat IPK terbaru.
  2. Pas foto 4x6 berwarna.
  3. Fotokopi KTP, KTM, dan KK.
  4. Fotokopi buku rekening bank.
  5. Struk pembayaran listrik dan telepon.
  6. Pernyataan pendapatan / gaji orangtua.
  7. Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari Lurah atau Universitas.
  8. Esai tentang diri dalam bahasa Inggris.

Perlu diingat, untuk bisa lolos seleksi awal kamu harus memiliki IPK >3.00 dan harus mempertahankannya selama kamu menjadi Grantee. Beasiswa VDMS ini akan memberikan uang tunai sejumlah Rp 650.000,- dari awal kamu dinyatakan diterima hingga waktu seharusnya kamu lulus (S1: semester kedelapan, D3: semester keenam). Kalau kamu tertarik dan memenuhi kualifikasi, kamu bisa segera mendaftarkan diri kamu disini.

No comments:

Post a Comment