Tuesday 25 August 2020

PAMERAN GUYUB RUPA #4

Pameran Kolektif Jurusan Seni Rupa UNNES

Mengundang tamu luar universitas

Pameran Guyub Rupa sebagai pameran kolektif mahasiswa jurusan seni rupa Universitas Negeri Semarang telah memasuki tahun ke empat penyelenggaraannya. Kali ini, panitia pameran adalah mahasiwa seni rupa UNNES angkatan 2012 yang diketuai oleh Deny Renanda Putra. Pameran yang sebelumnya dikhususkan bagi mahasiswa seni rupa UNNES dalam rangka memperingati hari Sumpah Pemuda, kini digelar dengan mengundang mahasiwa jurusan seni rupa dari universitas lain di pulau Jawa-Bali.

Tak disangka antusiasme mahasiwa yang datang cukup tinggi, yakni dari ISI Yogyakarta, UKSW Salatiga, UNESA Surabaya, UNS, UNBRAW, UNM, dan beberapa karya yang dikirim dari UPI, STSI Bandung, UNDIKSA, dan ISI Denpasar.

Maskot Guyub Rupa #4
Dokumentasi Pribadi (2014)

Burung hantu sebagai maskot

Gelaran pameran Guyub Rupa #4 mengusung tema “Imaji Mimpi”, berusaha memberi wadah bagi mahasiswa seni rupa untuk dapat merespon keadaan dan harapan-harapan masa mendatang khususnya dalam bidang kesenirupaan. Masih berhubungan dengan tema, panitia menjadikan burung hantu sebagai maskot dan item pendukung lain berupa dream catcher. Hewan yang identik dengan cara hidup nokturnalnya ini cukup menggambarkan bagaimana kehidupan mahasiswa seni rupa yang kerap terjaga di malam hari dan menggunakan waktu siangnya untuk tidur. Dream catcher di beberapa budaya dipercaya dapat menangkap mimpi indah dan menghindarkan segala mimpi buruk. Meski pada kenyataannya, indah dan buruk selalu menjadi satu hal yang saling mengisi.

Suasana di dalam Ruang Pameran
Dokumentasi Pribadi (2014)

Penonton dari berbagai kalangan

Pemilihan tema pameran Guyub Rupa #4 yang tergolong tidak terlalu berat, cukup menarik antusiasme penonton yang tidak hanya berlatar belakang sebagai mahasiswa jurusan seni rupa saja. Acara pameran yang digelar terbuka di kawasan kampus ungu, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang tepatnya di gedung B6 ini dihadiri ratusan penonton saat pembukaan acara  pada 17 Oktober 2014. Meski sempat turun gerimis di detik-detik pembukaan acara, pada akhirnya acara berjalan lancer sesuai dengan apa yang telah direncanakan dari 3 bulan sebelumnya.

Apresiasi Penonton terhadap Karya Instalasi
Dokumentasi Pribadi (2014)

Ajang berkumpul mahasiswa seni rupa

Pameran Guyub Rupa #4 ini tidak membatasi peserta dalam memilih media berkarya. Terdapat beberapa karya instalasi yang cukup besar, sehingga ada karya yang harus ditempatkan di luar ruang pameran. Hal ini pula yang membuat pengunjung lebih leluasa bercengkrama sambil menunggu giliran masuk ruang pameran. Tidak hanya sebagai ajang menunjukkan gagasan melalui karya, namun pameran kolektif ini sekaligus menjadi sarana mahasiswa seni rupa dari beberapa angkatan dan berbagai universitas dapat bertukar ilmu dan menambah koneksi. Di tahun 2014 ini, pameran kolektif mahasiswa UNNES tergolong acara besar sekaligus menjadi tolok ukur kegiatan pameran Guyub Rupa di waktu-waktu mendatang.

No comments:

Post a Comment