Sunday 30 August 2020

Cari Beasiswa Kuliah? Tentukan yang Paling Cocok Untukmu!

Beasiswa Kuliah dari Berbagai Sumber

Di jenjang universitas, ada berbagai jenis beasiswa yang bisa kamu dapatkan loh. Bukan hanya beasiswa Bidikmisi yang didapat sedari awal masuk kuliah saja, tapi ada pula beasiswa yang bisa diperoleh setelah perkuliahan berjalan. Biasanya, dalam proses seleksi beasiswa terdapat persyaratan IPK (Indeks Prestasi Kumulatif) terbaru. Nah ketika suatu beasiswa sudah didapatkan, seorang penerima beasiswa harus terus mempertahankan prestasi yang telah didapat atau akan lebih baik jika meningkatkannya. Sebelum kamu mendaftarkan diri kamu menjadi calon penerima beasiswa kuliah, simak dulu penjelasan jenis beasiswa universitas dari pemerintah maupun non pemerintah di seputar Kota Semarang berikut ini.

  • Beasiswa PPA & BBM

Beasiswa PPA (Peningkatan Prestasi Akademik) dan BBM (Bantuan Belajar Mahasiswa) adalah beasiswa yang sumber pendanaannya berasal dari Kementerian Ristekdikti. Supaya bisa mendapatkan beasiswa ini, minimal kamu sudah menempuh pendidikan selama satu semester di universitas. Setelah terdaftar menjadi penerima, beasiswa ini akan berlaku sampai kamu ada di semester enam. Saat mendaftar, IPK kamu minimal 3.00 ya. Besaran beasiswa ini adalah Rp 400.000,- per bulannya.

  • Beasiswa P&K Pemda Jateng

Calon penerima beasiswa dari pemerintah daerah Jawa Tengah ini minimal memiliki IPK 2.75 dan memiliki SKTM (Surat Keterangan Tidak Mampu) yang disyahkan pihak kelurahan asal tempat tinggal mahasiswa. 

  • Beasiswa Supersemar

Yayasan Supersemar mengeluarkan beasiswa bagi mahasiswa yang sekurang-kurangnya telah menempuh pendidikan selama tiga semester. Jika saat ini kamu sudah akan memasuki semester empat, kamu bisa mendaftar beasiswa ini dengan minimal IPK 2,75. 

  • Beasiswa Djarum

Selain berkontribusi di bidang olahraga, PT. Djarum juga memberikan beasiswa kepada mahasiswa yang sudah menempuh tiga semester di universitas. Kamu harus memiliki IPK di semester tiga minimal 3.00 dan mampu mempertahankannya sampai semester enam. 

  • Beasiswa Bank Indonesia

Penerima beasiswa Bank Indonesia tergabung dalam GENBI (Komunitas Penerima Beasiswa Bank Indonesia). Minimal IPK yang harus kamu miliki adalah 3.00. Sedangkan untuk persyaratan lainnya, bisa berbeda-beda di setiap kampus. Namun, pada umumnya beasiswa ini mensyaratkan seorang mahasiswa yang aktif dalam organisasi kampus maupun kegiatan sosial lainnya.

  • Beasiswa Cendekia Baznas

Beasiswa ini berlaku bagi mahasiswa minimal semester empat dan memiliki IPK 3.00. Layaknya beberapa beasiswa lain, beasiswa ini juga mensyaratkan calon penerima untuk melampirkan SKTM (Surat Keterangan Tidak Mampu). Selain itu, calon penerima tidak sedang menerima beasiswa lain baik dari universitas maupun pihak lain.

  • Beasiswa VDMS

Dulu, beasiswa ini masih bernama beasiswa VDMS (Van Deventer-Maas Stichting) namun sekarang lebih dikenal dengan beasiswa YVDMI (Yayasan Van Deventer-Maas Indonesia). Kamu bisa mencari tahu tentang beasiswa ini lebih lengkap disini.

Selain beasiswa yang telah disebutkan di atas, masih ada banyak beasiswa bersumber dari swasta maupun yayasan yang menaungi universitas tempat kamu kuliah. Supaya bisa mengetahui lebih banyak lagi, alangkah baiknya kamu tanyakan mengenai beasiswa kuliah ini ke bagian Biro Akademik dan Kemahasiswaan kampus. 

No comments:

Post a Comment